Senin, 03 Agustus 2015

Pelantikan dan Upgrading Pengurus Hima Akuntansi FE UA 2015/2016



  1.    Pelantikan dan Upgrading Pengurus Hima Akuntansi 2015/2016

Pada tanggal 29 juli 2015 pukul 08.00 WIB dilaksanakan pelantikan dan upgrading pengurus Hima Akuntansi 2015/2016 yang diselenggarakan di Gedung Seminar F Universitas Andalas. Pelantikan dan upgrading ini dilaksanakan dua minggu sebelum kegiatan perkuliahan semseter ganjil dimulai. Acara ini bertemakan “Satu Hati Mewujudkan Kepengurusan yang Disiplin, Profesional, dan Bertanggungjawab Tinggi ” dan dihadiri oleh Ketua Jurusan Akuntansi Dr.Efa Yonnedi, SE, Ak., MPPM, perwakilan dari BEM KM FE UA yaitu Dedy Surya Arman, Ketua Hima Akuntansi periode 2014/2015 Aristio Aulia Mayuza serta Ketua Hima Akuntansi 2013/2014 Fiqri Islamy Siddiq. Serta turut hadir perwakilan Hima Manajemen dan perwakilan dari UKM Fakultas yaitu ketua GIBEI (Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia).
Acara pertama  ialah sambutan ketua pelaksana acara. Dilanjutkan sambutan dari Ketua Jurusan Akuntansi, Dr. Efa Yonnedi, SE, Ak., MPPM, sekaligus pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Hima Akuntansi 2015/2016, Dicky Darma Perwira dan Bambang Hendika, serta seluruh pengurus Hima Akuntansi. Dalam sambutannya beliau berharap kepengurusan Hima Akuntansi dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya dengan menciptakan koordinasi yang baik antar sesama dan menjadi pendorong perubahan. Selanjutnya, sambutan yang disampaikan oleh perwakilan BEM KM FE UA dan Ketua Hima Akuntansi 2014/2015 sekaligus penyerahan kunci secara simbolis kepada Ketua Hima baru. Dalam sambutannya, Ketua Hima Akuntansi mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dilantik dan berharap seluruh pengurus Hima dapat memberikan kontribusi pada Hima Akuntansi kedepannya dan bertanggung jawab atas amanah yang telah diberikan. Selain itu, pelantikan dan upgrading ini dilaksanakan agar para pengurus saling mengenal satu sama lain tidak hanya dalam divisi sendiri namun juga dengan divisi-divisi lainnya dan agar Hima Akuntansi menjadi lebih kompak.
Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi. Materi pertama disampaikan oleh Fiqri Islamy Siddiq (Akt 011) yakni mengenai sejarah Hima Akuntansi FE UA. Dalam materi ini disampaikan asal-usul Hima Akuntansi dan nama-nama ketua Hima Akuntansi di periode-periode sebelumnya. Penyampaian materi berlangsung cukup interaktif dengan memberikan kuis di akhir materi.
Materi kedua yaitu Kesekretariatan yang disampaikan oleh Olfa Resha (Akt 011) yang menjelaskan mengenai urusan surat menyurat seperti pembuatan proposal kegiatan dan sponsor . Dilanjutkan dengan materi ketiga yang disampaikan oleh Rayza Thipanna (Akt 011) tentang kepemimpinan, apa arti kepemimpinan, gaya kepemimpinan, dan bagaimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi orang yang dipimpinnya demi suatu tujuan. Penyampaian materi ini diselingi dengan kegiatan yang menghibur sehingga suasana dalam ruang seminar F ini tidak kaku dan monoton. Materi keempat disampaikan oleh Randa Perdana (Akt 011) mengenai teknik persidangan. Dalam materi ini dijelaskan bagaimana suatu sidang dilaksanakan lengkap dengan aturan – aturan dalam persidangan.
Adzan berkumandang, tiba waktu solat dan istirahat selama setengah jam. Lalu, semua kembali berkumpul di ruang seminar F untuk menutup acara pelantikan dan upgrading hari pertama. Selanjutnya diakhiri dengan foto bersama semua pengurus Hima Akuntansi 2015/2016 serta setiap divisi  di depan Gedung Rektorat Universitas Andalas. Dan tak ketinggalan foto bersama antara koordinator divisi dan presidium. Demikianlah upgrading hari pertama ini yang berjalan dengan lancar dan menyenangkan.


2.    Outbound Pengurus Hima Akuntansi 2015/2016
Keesokan harinya, tanggal 30 Juli 2015, para pengurus Hima Akuntansi melaksanakan outbound yang masih merupakan rangkaian acara dari upgrading. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB, semua pengurus berkumpul di lapangan parkir depan Toserba Fekon Unand dimana panitia membuka acara outbound. Semua pengurus kecuali panitia dibagi menjadi lima kelompok yang mana setiap kelompok berasal dari divisi yang berbeda. Setiap kelompok diminta untuk menemukan enam posko dengan menebak teka-teki yang diberikan oleh panitia. Keenam posko tersebut berada di sekitaran kampus Unand. Setiap kelompok dituntut kekompakannya dan diharapkan mampu menebak dimana lokasi posko dengan benar. Panitia juga tidak mengizinkan penggunaan kendaraan pribadi untuk mencapai setiap posko. Pada lima posko terdapat tantangan bagi setiap kelompok agar bisa mendapatkan clue tentang lokasi posko selanjutnya. Tantangan yang diberikan pada setiap posko yaitu, pada posko pertama ditantang untuk membuat koreografi olahraga futsal yang berbeda masing-masing individu, posko kedua diminta membuat mahkota dari bahan yang ditentukan dan menjawab soal yang dibeikan panitia, posko ketiga membuat video lipsync, posko keempat memainkan games memasukkan paku dalam botol dan posko terakhir memindahkan tepung menggunakan tangan melewati kepala. Posko keenam merupakan posko terakhir yang menandakan tantangan  telah berakhir dan tempat berkumpul semua pengurus untuk beristirahat dan makan siang bersama.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan mengenai kegiatan outbound oleh masing-masing perwakilan tiap divisi. Mereka yang mendapatkan kesempatan tersebut salah satunya Hertria dari divisi litbang yang merasa senang bisa mengikuti acara outbound dan menurutnya acara tersebut membuat semua pengurus hima bisa saling mengenal dan solid. Setelah itu panitia mengumumkan dan memberi hadiah kepada para kelompok sesuai kategori yang dinilai panitia yaitu kelompok 3 dengan kategori kelompok terbaik, kelompok 5 sebagai kelompok tergokil, kelompok 4 sebagai kelompok terheboh, kelompok 1 sebagai kelompok termonoton dan kelompok 2 sebagai kelompok termalas. Demikianlah acara outbond yang berlangsung sangat meriah dan seru. Acara pun diakhiri dengan foto bersama semua pengurus Hima.  (Divisi Litbang).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar