Selasa, 15 Juli 2014

Fiqho Falderiko (Akuntansi 2012) Mahasiswa Berprestasi UNAND 2014

Mencetak prestasi yang gemilang tentunya menjadi hal yang membanggakan bagi diri seseorang. Begitulah hal yang dirasakan oleh Fiqho Falderiko mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas angkatan 2012 yang berhasil meraih prestasi dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi Universitas Andalas tahun 2014.
Dalam Ajang ini Fiqho berhasil meraih penghargaan juara pertama. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh setiap Perguruan Tinggi Se-Indonesia, dengan tujuan untuk mencari mahasiswa yang berprestasi baik akademik maupun non-akademik serta mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris. Sebelum dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi Universitas Andalas tahun 2014, Fiqho telah melalui berbagai tahapan seleksi mulai dari seleksi dari jurusan, fakultas, universitas dan  memasuki grandfinal yang pada akhirnya terpilih sebagai  juara pertama mahasiswa berprestasi Universitas Andalas tahun 2014. Fiqho terpilih sebagai mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi Unand tahun 2014 yang  berhasil mengungguli rekan-rekannya dari jurusan Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi. Selanjutnya Fiqho dikirim untuk berkompetisi dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Universitas.
Fiqho mempresentasikan karya tulis ilmiahnya yang berjudul “Strategies in Order to Strengthen the Food Security as a Key of Future Nation” di hadapan 16 orang Wakil Dekan III se-Universitas Andalas dan 3 orang juri independen. Fiqho berhasil melalui seleksi tingkat universitas dan melaju ke babak grand final bersama 5 (lima) orang kandidat lain dan  melakukan presentasi karya ilmiahnya  di hadapan 3 (tiga) orang juri independen.
Ternyata, mahasiswa yang bercita-cita menjadi Head Director of World Bank ini memiliki segudang prestasi dan telah aktif mengikuti kompetisi bertaraf nasional dan internasional semenjak ia duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Alumnus SMAN 1 Padang ini pernah meraih peringkat ke-3 dalam kompetisi Ekonomi Nasional ke-9 di Bogor, mengikuti pertukaran pelajar JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) ke Jepang, dan menjadi Best Delegation for Indonesian Young Ambassador dan diundang menghadiri United Nation High Level Meeting di New York. Selain itu, Fiqho juga pernah menjadi anggota Paskibraka Nasional pada upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-65 di Istana Negara.
Prestasi dan pengalaman Fiqho terus berlanjut hingga menjadi mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Di tahun pertamanya, Fiqho berhasil meraih Juara pertama Tartil Quran dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran se-Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Pada tahun 2014, Fiqho dinobatkan sebagai Mr. ASEAN Youth Leader X 2014 pada acara Business Idea Competition ASEAN Preneurs di National University of Singapore (NUS), Singapura.
Selain mengikuti berbagai kompetisi berskala nasional dan internasional, Fiqho Falderiko juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan yaitu AIESEC. AIESEC merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan berskala internasional, dimana mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan leadership, managerial skill dan interpersonal skill. Selain itu, mereka juga bisa berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan pemuda-pemuda dari negara lain.
Berbagai kegiatan akademik dan non-akademik yang diikuti Fiqho tidak menjadi hambatan dalam proses pendidikannya  di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Fiqho melakukan self study dan diskusi bersama teman-teman untuk mengejar ketinggalan pelajaran saat ia harus mengikuti kompetisi baik ditingkat nasional maupun internasional. Bagi Fiqho  ada dua kunci dalam meraih prestasi di bidang akademik dan non-akademik, yaitu skala prioritas dan manajemen waktu.
Dari apa yang telah didapat dan dicapai oleh Fiqho, semoga semua ini dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa Universitas Andalas untuk berprestasi dan berkarya terkhususnya bagi mahasiswa Akuntansi. Serta mendorong mahasiswa Akuntansi untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan akademik dan non akademik. (Nindy, Divisi Litbang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar