Rabu, 18 November 2020

AAPA 2020 (andalas accounting paper academy)



Pada tanggal 14 dan 15 November 2020 telah dillaksanakan Andalas Accounting Paper Academy (AAPA). AAPA merupakan acara pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah. AAPA adalah salah satu dari program kerja HIMA Akuntansi FE UNAND yang berasal dari Divisi PPA. Pada tahun ini AAPA dilaksanakan secara online selama 2 hari dengan mengangkat “Developing Analytical Thinking Skiils in Future Accountans through Paper Writing”. Tujuan acara AAPA ini yaitu untuk mengembangkan serta mengasah kemampuan berpikir analitis Mahasiswa Akuntansi dan dapat melatih mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah sehingga bersaing dalam lomba karya tulis ilmiah ditingkat Regional maupun Nasional. Peserta AAPA pada tahun ini yaitu Mahasiswa Akuntansi tingkat Nasional .  Materi pelatihan diberikan oleh pemateri yang berpengalaman dibidangnya yaitu Bapak Prof. Dr. Eddy R Rasyid, M.com(hons),Akt., Bapak Dr. Felix Joni Darjoko, Ak, M.Ec. Dev, CFE, CRFa , Ibu Vima Tista Putriana, SE.,Ak.,M.Sc.,CA.,Ph.D.Dan  Bapak Dr. Fauzan Misra, M.Sc, Ak, CA, BKP.

Hari pertama acara AAPA dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020 dimulai pukul 08.30 WIB dengan Pembukaan oleh MC yaitu Caldito Nanda Permana dan Faras Harya Almaesa, pembacaan tata cara AAPA oleh Faras Harya Almaesa, pembacaan ayat suci Alquran oleh Aulia Puspa Sari dan kata sambutan Ketua pelaksana oleh Azizah Dhufa, kemudian kata sambutan Ketua HIMA Akuntansi periode 2020/2021 oleh Fauzan Amirul Haq. Dilanjutkan dengan kata sambutan Sekaligus peresmian acara AAPA oleh Ketua Jurusan Akuntansi yaitu Bapak Dr. Rahmad Febrianto, SE., M.Si. Ak. Selanjutnya pembacaan CV pemateri oleh Faras Harya Almaesa lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Bapak Prof. Dr. Eddy R Rasyid, M.com(hons)., Akt tentang “Merumuskan masalah di lapangan dan mencari solusi di lapangan dan di perpustakaan”  dan dilanjutkan penyampaian materi kedua oleh Bapak Dr. Felix Joni Darjoko, Ak, M.Ec. Dev, CFE, CRFa dengan judul “Internal Auditor, Fraud dan User Browsing”  Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab berakhir dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan plakat oleh panitia kepada pemateri. Kegiatan hari pertama AAPA diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta yang hadir dalam acara AAPA 2020/2021. Acara hari pertama ini berakhir sekitar pukul 12.30 WIB.

Hari kedua acara AAPA dilaksanakan tanggal 15 November 2020 dimulai pukul 08.40 WIB dengan Pembukaan oleh MC yaitu Caldito Nanda Permana dan Faras Harya Almaesa, pembacaan tata cara AAPA oleh Faras Harya Almaesa, kemudian pembacaan CV pemateri oleh Faras Harya Almaesa lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Ibu Vima Tista Putriana, SE.,Ak.,M.Sc.,Ph.D. dengan materi “Teknik dan Tips Menulis” serta dilanjutkan penyampaian materi kedua oleh Bapak Dr. Fauzan Misra, M.Sc, Ak, CA, BKP tentang “Teknik Penulisan Karya Ilmiah”. Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab berakhir. Acara selanjutnya yaitu pemberian sertifikat dan plakat oleh panitia kepada pemateri. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian arahan mengenai ketentuan pengumpulan paper dari koordinator acara yaitu Clarissa Maharani. Kegiatan hari kedua AAPA diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta yang hadir dalam acara AAPA 2020/2021. Kegiatan AAPA selama 2 hari tersebut berjalan lancar dari awal sampai akhir dan peserta sangat antusias dan sering bertanya terkait materi yang sudah disampaikan.

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar