Sabtu, 07 November 2020

Pembahasan AOQ #1


 [AOQ FACT #1]


Wahhh sudah hari minggu ya teman-teman semua, nah inilah pembahasan bagi teman-teman yang penasaran dengan jawaban kuis sabtu kemaren,, yuk teman-teman dibaca dengan seksama yaa, biar ilmunya dapat bermanfaat.

Sebelumnya,,,, Apa sih PSAK 71, berikut penjelasanya teman teman
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 71) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) bersamaan dengan PSAK 72, dan PSAK 73, namun mulai berlaku pada tahun 2020.
PSAK 71 mengatur mengenai instrumen keuangan khususnya mengenai panduan tentang pengakuan dan pengukuran instrumen keuangan. Standar ini mengacu kepada International Financial Reporting Standard (IFRS) 9 dan ini merupakan revisi atau untuk mengganti PSAK 55 yang berlaku sebelumnya.

Lalu kenapa PSAK 55 digantikan dengan PSAK 71 ya ???nah berikutt penjelasanya teman-teman
Revisi atau penggantian ini muncul karena dilatarbelakangi oleh kegagalan korporasi, terutama di sektor finansial atau keuangan, dalam mengantispasi Gagal bayar kredit secara besar besaran karena adanya krisis ekonomi global tahun 2008 sampai 2009

Laluu apa yang berubah jika PSAK 55 digantikan dengan PSAK 71 ya ?? Yukk dibaca teman teman
Dampak dari berlakunya PSAK 71 
Perusahaan harus menyediakan nilai pencadangan atas kredit atau piutang tak tertagih lebih besar dari sebelumnya, peningkatannya mulai dari 25% sampai dengan 35% tergantung pada kondisi lingkungan industri perusahaan dan lingkungan internal perusahaan dan pastinya juga tergantung pada kondisi ekonomi  negara dimana perusahaan tersebut didirikan dan berada. Dan hal ini sangat mempengaruhi perusahaan sektor finansial terutama perbankan dalam tingkat laba yang diperoleh dan terjadinya penurunan rasio kecukupan modal*.


*Catatan : Rasio kecukupan modal adalah suatu cara untuk mengukur kemampuan bank untuk melihat risiko kerugian yang akan dihadapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar