Minggu, 31 Mei 2015

Accounting Week (AW) 2015

Accounting Week 2015 atau yang biasa disingkat AW, adalah event tahunan yang diusung oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Jurusan Akuntansi Universitas Andalas. Accounting Week merupakan event terbesar yang diselenggarakan selama satu minggu penuh dari tanggal 19-23 April 2015 yang diisi oleh berbagai macam kegiatan dan acara yang sangat meriah. Pada tahun ini, AW diketuai oleh Ogi Rizkia Putra (akt 012). Tema yang diangkat pada tahun ini adalah "Speak Up Your Mind". Acara ini akan diselenggarakan di kampus Universitas Andalas Limau Manis.

Ada 7 Event yang akan diselenggarakan dalam rangkaian Accounting Week 2015 ini.
1. International Seminar
2. Debate English Competition
3. Accounting Competition tingkat SMA/Sederajat
4. Tax Article Competition dan Talkshow Pajak
5. Accoustic
6. Photography Contest
7. Bazaar

Pembukaan AW sendiri dilakukan di Aula Fekon Jati hari Minggu, tanggal 19 April 2015 pukul 09.00-selesai.

Seminar Internasional
Seminar Internasional sebagai rangkaian acara Accounting Week 2015 merupakan satu dari 7 acara yang mempunyai cakupan paling luas. Tidak hanya akan mengundang peserta dari dalam negeri saja, setidaknya negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dll akan menjadi target utama dari event ini. 
Tentunya akan sangat disayangkan kalau hanya menikmati seminggu penuh rangkaian acara Accounting Week tanpa membawa pulang ilmu dan wawasan yang di suguhkan di Seminar Internasional ini.
Seminar Internasional diketuai oleh Putri Kurnia Igatama (akt 012) ini mengangkat tema "Overview Performance of Islamic Banking and Finance Industries and Outlook in 2015". Seminar ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 April 2015. Bertempat di Aula Fekon Jati dan acara dimulai pukul 12.00-selesai. Materi pertama membahas tentang “Pengawasan OJK terhadap Perbankan Syariah” yang disampaikan oleh Pak Cecep Maskanul Hakim. Kemudian “Bagaimana Pelaksanaan Perbankan Syariah” yang disampaikan oleh Pak Eko Widiyanto. Dan yang terakhir mengenai “Perbankan Syariah pada Bank di Indonesia” yang disampaikan oleh Pak H. Ahmad Wira. Tentunya, materi yang disampaikan akan sangat berguna bagi peserta seminar kedepannya.

Debate Competition
Debate Competition merupakan suatu kompetisi yang memperlombakan bagaimana suatu kelompok dapat mengemukakan argument/pendapat mengenai suatu permasalahan yang menjadi topik dan sub topik yang diberikan pada saat debat itu berlangsung. Di dalam debat ini juga mengasah dan melatih kecepatan berfikir dan menuangkan pikiran tersebut ke dalam suatu argumen yang kuat dan dapat mempertahankan argumen yang telah dipegang setiap kelompok.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah ”Its Time for Youth to Act in Economic Sector”. Debate competition ini diketuai oleh Annisa Rahmadiani (akt 12). Setiap tim terdiri dari 3 orang perwakilan SMA sederajat. Selain itu, setiap SMA bisa mengirim lebih dari satu tim. Acara ini dilaksanakan pada hari senin dan selasa tanggal 20 dan 21 April 2015 tepatnya di gedung seminar PSKD dan seminar Q.

Debate competition ini diikuti oleh 17 tim. Sistem dalam debate ini memakai sistem gugur. Penilaiannya berdasarkan poin yang dirain setiap tim. 8 tim yang meraih nilai terbaik di pilih lagi untuk mengikuti sesi debate selanjutnya. Kemudian dipilih lagi menjadi 4 tim terbaik untuk mengikuti final debate ini
Pemenang debate competition ini yaitu tim dari :
Winner                                     : SMAN 2 Payakumbuh
First Runner Up                      : SMAN 10 Padang
Second Runner Up                : SMA Ar-risalah
Third Runner Up                     : SMAN 10 Padang
Best Speaker                        : Sakinatunnafsih (SMAN 2 Payakumbuh) & Farid Alhamudi (SMA                                                     Ar-risalah)

Text Box: 2Accounting Competition
Peserta Accounting Competition bukan hanya berasal dari Mahasiswa, kami juga memberikan kesempatan kepada siswa-siswi se Sumatera Barat untuk menguji kemampuan mereka di bidang akuntansi.

Ilmu akuntansi merupakan bagian dari ilmu perekonomian yang memiliki peminat yang cukup besar, sehingga diperlukan suatu ajang yang dapat menggerakkan kompetensi dan pemahaman, serta agar pelajar sudah terbiasa untuk berkompetisi. Untuk maju dan ikut berkompetisi, generasi muda Indonesia mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuannya ke tingkat yang baru, dan kemudian secara tidak langsung dapat terlibat dalam memikirkan dan memahami kondisi ekonomi dan pendidikan negara.

Accounting Competition tingkat SMA merupakan kompetisi di bidang Akuntansi. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah "Face The World with Accounting Soul". Acara yang diketuai oleh Wahyu Yusmir (akt 12) ini akan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 20-21 April 2015, yang bertempat di Auditorium Universitas Andalas.

Juara 1 Rafli Amri (SMAN Agam Cendikia), juara 2 Qori'atul Jannah (SMAN 1 payakumbuh), juara 3 Siska PP (SMAN 1 Sijunjung) Harapan 1 Fadhila Madevi (SMAN 1 Sijunjung) dan harapan 2 Elsa Haflani (SMAN 1Sijunjung)
Article dan Talkshow Pajak.

Artikel dan Talkshow Pajak ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian ACCOUNTING WEEK 2015 yang disponsori oleh Dirjen Pajak. Tema yang diangkat dalam lomba artikel ini adalah "Pentingnya Pajak". Acara ini diketuai oleh Oriena Zuhrayoshi Helmi (akt 12). Masa pengiriman artikel sampai tanggal 17 April 2015, sedangkan pengumuman pemenang artikel tersebut tanggal 21 April yang bertepatan dengan Talkshow pajak. Dengan mengikuti lomba artikel tersebut, peserta juga bisa mengikuti talkshow pajak tanpa dipungut biaya. Talkshow pajak ini akan diadakan pada hari Selasa, tanggal 21 April 2015. Bertempat di Aula perpustakaan Pusat Lantai 5 Universitas Andalas. Acara ini dimulai dari pukul 09.00 s.d selesai.

Accoustic Event (Funcoustic)
Jurusan Akuntansi Universitas Andalas bukan hanya jurusan kaku yang berfokus pada masalah ekonomi saja, apresiasi besar diberikan terhadap bidang lain, salah satunya Seni. Hal ini dibuktikan dengan akan diselenggarakannya Event Accoustic pada salah satu rangkaian acara Accounting Week 2015.

Acara ini bernama FUNCOUSTIC dan mengangkat tema Your Mind Your Fantastic Music”. Acara yang diketuai oleh Bagus Hidayatullah (akt 12) ini dilaksanakan pada hari Rabu, 22 April 2015 yang bertempat di PKM Universitas Andalas.

Funcoustic diikuti oleh 14 peserta. Masing-masing peserta membawakan 2 lagu bebas sesuai dengan kreasi mereka sendiri .Pemenang dalam acara ini:
Juara 1: Amyra (UKS Unand)
Juara 2 : Must Muda Generation (MAN 3 Padang)
Favorit : Aulians (Universitas Negeri Padang)

Photography
Photography Contest adalah event yang baru diadakan di Accounting Week 2015. Acara yang diketuai oleh AlmiraMuthia Islami (akt 12) ini memiliki tema “Capture Your Moment” diadakan dari tanggal 20-23 April 2015 di PKM Universitas Andalas. Photography Contest ini terdiri dari :
1.    Selfie-Grufie Contest
Text Box: 3Contest ini terbuka untuk umum. Dengan memberikan insert sebesar Rp 5000, kita dapat berfoto dengan atribut Accounting Week. Dan foto tersebut dapat dikirim ke email: awselfie@gmail.com ( format: Nama/No.HP/Komentar tentang AW 2015).
Foto itu akan di post ke instagram. Menariknya, foto terbaik dan terfavorit akan mendapat Hadiah Uang Tunai dan juga Doorprize dari panitia AW.
2.    Photobooth
Sama halnya dengan Selfie-Grufie Contest, photobooth ini juga terbuka untuk umum. Dengan menyertakan Insert hanya Rp 25000, kita dapat berfoto sebanyak 5x dan akan diberikan Print Out beserta Softcopy nya.
Text Box: 4Photobooth yang disediakan panitia AWini lebih kece dari box-box lainnya, karena didalamnya banyak dekorasi yang keren. Sehingga peserta akan merasakan perbedaannya di box ini. Tidak hanya dapat berfoto sendiri, kita juga bisa mengajak teman-teman berfoto buat abadikan setiap moment bersama-sama.

Bazaar                                                                                 
Bazaar Accounting Week 2015 direncanakan akan berlangsung selama 4 hari, dari 20-23 April. Bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang merupakan sentra kegiatan mahasiswa Universitas Andalas.
Adapun tema Bazaar tahun ini adalah "Let's Get Rich From Entrepreneurship". Bazar  pada tahun ini diketuai oleh Dedi Surya Arman (akt 012). Bentuk kegiatan ini meliputi penyediaan stand-stand bazar untuk berbagai produk seperti komputer maupun IT, buku, Food court,  pakaian, tas, sepatu, accessories & handicraft, dan lainnya. Yang mengisi stand-stand bazaar kali ini diantaranya es pisang ijo, kue cubit, kebab, pizza, korean accesories, tarot, takoyaki, hoki2 seafood, frufle ice cream, minuman sehat aruanti, mpek2, choco changer, batagor, burger, pisang keju, forthyeight.

Dan tibalah di akhir acara AW ini yang kemudian ditutup dengan DJ performance dan juga foto bersama panitia AW 2015.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar