Minggu, 31 Mei 2015

COMPANY VISIT AND COMPARATIVE STUDY

            Company Visit and Comparative Study (CV & CS) merupakan salah satu proker dari divisi litbang HIMA Akuntansi FE UA yang tahun ini diketuai oleh Tiara Sonita. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 5-13 Mei 2015 dengan rute perjalanan Jakarta-Jogja-Bali. CV & CS ini diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari satu dosen (Ibu Denny DennyYohana, SE, M.Si, Ak), 22 orang dari angkatan 2012, satu orang dari angkatan 2013, dan satu orang dari angkatan 2014.

            Pada hari pertama, rombongan dari HIMA Akuntansi FE UA berangkat dari Padang pada pukul 20.10 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 22.00 WIB. Besok harinya pada hari Rabu, dilanjutkan dengan kunjungan ke IAI Pusat. Disana peserta mendapatkan banyak pelajaran, salah satunya dimana kita sebagai akuntan harus sangat mempersiapkan diri menjadi akuntan yang memenuhi kualifikasi untuk mampu bersaing di era MEA nantinya. Lalu siang hari, kunjungan dilanjutkan ke Kementerian BUMN dan disana jugalah kita bertemu dan berbincang-bincang dengan alumni Akuntansi FE UA (FKKBA). Setelah itu, peserta berkunjung ke MetroTV untuk menjadi penonton live di Matanajwa, disana juga bertemu dengan salah seorang alumni. Perjalanan dilajutkan ke rute selanjutnya yaitu Yogyakarta, peserta tiba di Jogja pada besok harinya pada hari Jumat pukul 16.00 WIB dan langsung melakukan kunjungan ke Universitas Islam Indonesia Yogyakarta untuk menjalin silaturahmi beserta studi banding hingga pukul 19.30 WIB. Setelah bersilaturrahmi dengan UII Jogja, peserta melakukan perjalanan ke Malioboro lalu beristirahat ke penginapan.

Pada hari Jum’at, perjalanan dilanjutkan ke rute selanjutnya yaitu Bali. Peserta melakukan perjalanan ke Bali selama dua hari pada hari Jum’at dan Sabtu. Di Bali, peserta melakukan kunjungan wisata ke Tanah Lot, Joger, TanjungBenoa, dan Pantai Pandawa. Acara penutupan di Bali yaitu membeli oleh-oleh di Krisna, setelah itu, peserta kembali ke penginapan untuk beristirahat karena besok akan melakukan perjalanan panjang selama 30 jam untuk kembali ke Jakarta.

Peserta tiba di Jakarta kembali pada tanggal 12 Mei 2015, hari Selasa, pukul 21.30 WIB dan langsung beristirahat ke penginapan. Pada besok hari yang bertepatan hari Rabu merupakan hari terakhir dari CV & CS. Pada hari terakhir ini, peserta melakukan kunjungan kedua instansi yaitu BPK dan Dirjen Pajak. Kunjungan ke Dirjen Pajak merupakan acara penghujung dari acara Company Visit dan Comparative Study pada tahun ini. Setelah itu, peserta pulang ke Ranah Minangkabau kembali pada pukul 15.40 WIB.

Dengan berakhirnya acara Company Visit dan Comparative Study ini, diharapkan peserta dapat mengambil pelajaran dari kunjungan instansi dan universitas sehingga memiliki pengetahuan dan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja kedepannya selain itu diharapkan dapat menjalin silaturrahmi dengan sesame mahasiswa jurusan Akuntansi.  (Maisya, litbang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar